Peran Penting Nasionalisme bagi Generasi Muda

Spread the love

Salah satu hal yang harus dimiliki pada era globalisasi oleh para generasi muda itu adalah semangat nasionalisme. Karena semangat nasionalisme itu merupakan modal yang besar untuk sebuah bangsa dan juga negara bisa maju dan berkembang. Perannya itu sangatlah penting sekali, namun memang tidak semua orang tahu apa saja sih peranannya itu. Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan mengenai nasionalisme mulai dari penjelasan, peranan, dan cara menumbuhkan nasionalisme itu sendiri.

Apa Itu Nasionalisme?

Pertama mari kita bahas dulu mengenai apa itu nasionalisme, karena untuk bisa memilikinya tentu kita harus mengetahui apa itu nasionalisme. Kalau menurut definisi dari KBBI sendiri menjelaskan kalau nasionalisme itu adalah kesadaran keanggotaan dalam satu bangsa yang secara bersama mencapai kemakmuran dan juga mempertahankan kekuatan bangsa. Jadi bisa dibilang kalau nasionalisme itu adalah sebuah semangat kebangsaan yang memang sangat penting untuk generasi muda.

Secara sederhana bisa dibilang kalau nasionalisme adalah sebuah paham untuk tetap mencintai bangsa dan juga negara sendiri. Salah satu contoh dari nasionalisme itu sendiri adalah mencintai tanah air dan mencintai bangsa, serta mencintai bahasa dan juga budaya. Bisa juga dikatakan kalau nasionalisme itu adalah sebuah rasa memiliki negara Indonesia dengan berbagai bentuk seperti kecintaan. Dalam nasionalisme itu sendiri ada beberapa faktor yang mempengaruhinya sehingga bisa membuat rasa nasionalisme itu tumbuh, dan berikut ini beberapa faktornya.

  1. Salah satu faktornya adalah adanya sebuah ikatan senasib dan juga sepenanggungan yang dimiliki suatu kelompok orang. Itulah mengapa pada saat mencapai kemerdekaan Indonesia memiliki rasa nasionalisme yang sangat tinggi.
  2. Lalu faktor yang kedua adalah di wilayah yang sama baik itu tinggal ataupun juga lahir pada satu wilayah yang sama. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat rasa nasionalisme itu bisa tumbuh pada suatu bangsa terutama generasi muda.

Peran Penting Nasionalisme

Di masa sekarang generasi muda itu sangat membutuhkan rasa nasionalisme ini, untuk bisa mempertahankan negara dan juga bangsa. Bahkan untuk bisa membuat sebuah negara dan juga bangsa itu bisa berkembang dan maju itu dibutuhkan semangat nasionalisme tersebut. Sebagai contoh dengan mencintai tanah air dan mencintai produk Indonesia akan membuat produk dari Indonesia semakin maju. Dan pada akhirnya dengan produk yang semakin maju membuat negara makin berkembang, dan itulah mengapa situs PPKN.CO.ID jadi penting.

Cara Menumbuhkan Semangat Nasionalisme

Meskipun mungkin sulit untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, akan tetapi ada beberapa cara untuk bisa menumbuhkannya. Ada beberapa hal sederhana yang sebenarnya bisa digunakan untuk bisa menumbuhkan semangat nasionalisme pada generasi muda.

Akan tetapi mungkin generasi muda tidak mengerti caranya, padahal sebenarnya ini adalah hal yang sangat penting sekali. Dan berikut ini beberapa cara untuk menumbuhkan semangat nasionalisme yang bisa dilakukan oleh generasi muda mulai dari sekarang.

  1. Dengan membaca sejarah dari Indonesia, ini menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme itu sendiri. Dengan mengetahui sejarah Indonesia, maka kita pun akan bisa tahu bagaimana perjuangan dan kekuatan untuk meraih kemerdekaan.
  2. Cara yang kedua adalah dengan mengetahui apa saja kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia, sehingga menimbulkan kebanggaan. Dan dari rasa kebanggaan itulah akan bisa membantu memunculkan rasa nasionalisme pada generasi muda.
  3. Pendidikan kewarganegaraan juga bisa membantu membangkitkan nasionalisme di generasi muda sekarang ini dan kedepannya.