Mengenal Istilah Pada Crypto Yang Wajib Diketahui

Spread the love

Saat ini mata uang crypto sedang banyak sekali diperbincangkan di dunia dan termasuk dengan Indonesia. Jika ingin masuk ke dalam dunia crypto tentu penting untuk mengetahui banyaknya istilah dalam dunia crypto.

Terlebih lagi bagi pemula, banyak istilah asing yang tidak diketahui sehingga perlu untuk mencari tahu mengenai istilah pada dunia crypto tersebut.

Berbagai Istilah Dalam Dunia Crypto

Sebelum terjun ke dunia investasi cryptocurrency tentu saja Anda perlu mengetahui istilah yang ada sehingga saat sudah mulai terjun di dalamnya Anda tidak perlu merasa bingung lagi. Berikut ini merupakan beberapa istilah dalam crypto yang wajib diketahui oleh pemula.

  • Blockchain

Blockchain menjadi istilah yang paling sering terdengar dalam dunia crypto dan merupakan istilah paling umum yang harus diketahui oleh seseorang yang akan melakukan investasi. Hal ini dikarenakan blockchain mengacu pada koin crypto.

Saat ini sudah banyak sekali crypto dengan teknologi blockchain yang berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan semua data transaksi digital yang dilakukan menggunakan crypto.

  • FOMO

Istilah selanjutnya yang juga sering didengar dalam dunia crypto yaitu FOMO atau Fear Of Missing Out. FOMO ini merupakan istilah yang khusus ditunjukkan kepada para pemula investasi crypto.

Istilah FOMO ini sering kali terdengar dari orang yang sudah lama terjun dalam dunia crypto yang sering mengatakan bahwa pemula tidak boleh kehilangan momen atau kesempatan untuk trading.

  • Mining

Mining juga jadi salah satu istilah yang akan ditemukan dalam dunia crypto yang berarti aktivitas menambang. Aktivitas ini dilakukan oleh penambang yang disebut juga dengan miner. Bukan menambang dalam arti sebenarnya, penambangan dilakukan dengan perangkat canggih.

Perangkat tersebut terhubung ke internet sehingga miner dapat melakukan penambangan. Penambang akan berlomba bersama dengan penambang lain untuk mencari mata uang yang diinginkan.

  • FUD

FUD ini merupakan istilah yang juga harus Anda ketahui, mungkin bagi pemula belum banyak yang mengetahui mengenai istilah ini. FUD ini berarti strategi yang dilakukan oleh para investor sehingga nilai beli koin crypto yang mereka beli akan lebih murah. Mereka memiliki strategi untuk menurunkan nilai crypto.

FUD sendiri memiliki kepanjangan yaitu Fear, Uncertainty, and Doubt. Dengan mengerti istilah FUD maka Anda bisa mengikuti strategi yang dilakukan oleh investor terdahulu.

  • Altcoin & Bitcoin

Istilah ini tentu saja sudah tidak asing lagi bahkan seseorang yang bukan investor juga sudah banyak mendengar mengenai Bitcoin dan Altcoin ini. Namun bagaimana dengan artinya? Bitcoin apa yang dikenal juga dengan BTC merupakan salah satu mata uang digital dimana mata uang tersebut dapat digunakan untuk transaksi.

Sedangkan untuk Altcoin sendiri berarti alternatif yang di gunakan untuk bertransaksi dalam dunia crypto selain dengan menggunakan BTC.

  • Pump and Dump

Pump and dump ini juga bisa digambarkan sebagai salah satu strategi yang dilakukan pada saat trading. Strategi pump akan menggiring opini investor untuk koin tertentu sehingga harganya bisa meningkat.

Nah, disaat bersamaan dengan pump mereka yang punya koin tersebut akan menjual koin tersebut. Hal tersebut dikarenakan harganya yang melambung.

  • Bagholder

Bagholder merupakan istilah yang juga sering muncul yaitu kondisi kegagalan dari trader setelah mengalami pump dan dump.

  • HODL

HODL atau Hold On For Deal Life yang berarti strategi yang biasa dilakukan oleh investor untuk mempertahankan aset crypto TopLaunchpad.com yang mereka miliki.

  • Whale

Setelah terjun lebih dalam pada dunia crypto Anda akan mendapatkan istilah whale ini. Istilah ini sering digunakan untuk menyebut para trader. Terutama sebutan whale ini sering digunakan untuk memanggil mereka yang mempunyai aset crypto dalam jumlah sangat banyak.

  • Scalping

Scalping merupakan istilah yang berarti strategi untuk mendapatkan hasil maksimal dalam kurun waktu yang singkat. Strategi trading scalping biasanya sering digunakan oleh trader yang ingin meraih profit atau keuntungan sedikit demi sedikit.

  • Cryptosis

Cryptosis merupakan istilah yang digunakan sebagai julukan bagi orang yang sangat antusias terhadap crypto. Bisa dibilang cryptosis ini julukan bagi mereka yang fanatik dengan crypto atau biasa juga dijuluki dengan obsessive crypto disorder.

Gejala dari cryptosis ini berawal dari rasa penasaran yang berlebihan dengan crypto dan antusias mereka yang tinggi dengan aset crypto. Sehingga mereka yang mengalami cryptosis ini tak ada hentinya untuk terus berbicara, membaca hingga tak henti mendengarkan segala informasi mengenai crypto.

  • No Coiner

Istilah ini merupakan istilah ejekan yang dilakukan sesama trader untuk mengejek mereka yang sudah menjual habis koinnya sehingga tidak lagi memiliki koin.

  • Staking

Staking ini merupakan suatu istilah yang merujuk pada seorang trader untuk mendapatkan pasif income.

Itulah beberapa istilah dalam dunia crypto yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat.