Cara Praktis Memutihkan Sepatu Yang Menguning

Spread the love

Sepatu adalah salah satu fashion item yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama untuk melengkapi outfit fashion mereka. Dari banyak sepatu yang beredar di pasaran, sepatu dengan warna putih menjadi salah satu jenis sepatu yang menjadi favorit. Warnanya yang netral membuatnya cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit dan warna.

Belum lagi kesan yang diberikan oleh sepatu putih cenderung simple namun elegan. Sepatu dengan warna putih juga pas untuk digunakan pada berbagai kesempatan baik pada kegiatan formal maupun sekedar hang out bersama teman.

Sayangnya warna putih pada sepatu akan sangat mudah terkena noda dan kemudian akan meninggalkan noda yang menguning. Hal ini tentu mengecewakan, namun jangan khawatir masalah sepatu putih yang menguning dapat diatasi dengan beberapa bahan berikut:

Bahan-Bahan yang Digunakan

  • Baking Soda dan cuka

Kedua bahan ini memang sudah dikenal ampuh untuk membersihkan berbagai noda. Nah, pada kasus sepatu yang menguning ini baking soda dan cuka dapat pula diandalkan yaitu dengan cara mencampurkan keduanya dengan air panas kemudian diaduk hingga berubah bentuk menjadi lebih kental. Oleskan campuran tersebut dengan cara digosok halus dengan sikat gigi pada bagian yang ingin dibersihkan dan tunggu 1-3 jam sembari dijemur di tempat terbuka dan di bawah sinar matahari.

  • Pasta Gigi

Bahan yang satu ini lebih mudah ditemukan dibandingkan bahan sebelumnya. Untuk cara penggunaannya juga hampir mirip yaitu mengoleskan pasta gigi pada bagian yang kotor atau menguning kemudian gosok halus dengan sikat gigi. Tunggu beberapa saat kemudian bilas. Apabila masih ditemukan bagian yang kotor lakukan hal yang sama hingga dirasa cukup.

  • Pemutih Pakaian

Bahan yang satu ini dari namanya saja sudah jelas berfungsi untuk memutihkan pakaian atau dalam hal ini kain. Maka pemutih pakaian dapat pula dimanfaatkan untuk memutihkan sepatu yang menguning. Cukup oleskan bahan tersebut dan sikat halus, tunggu, dan kemudian bersihkan. Perlu diperhatikan jangan terlalu sering menggunakan bahan ini karena sifatnya yang korosif dapat merusak tekstur sepatu.

Bahan Sepatu yang Perlu Diperhatikan

  • Kanvas

Sepatu dengan bahan kanvas maka dapat dibersihkan dengan bahan baking soda dan cuka. Campurkan keduanya dengan air hangat dan gunakan campuran tersebut untuk menggosok sepatu. Setelah selesai, jangan jemur sepatu kanvas di bawah sinar matahari langsung.

  • Kulit

Sepatu berbahan kulit jangan bersihkan sepatu dengan air langsung. Gunakan handuk atau kain yang telah dibasahi dan diberi sabun untuk menggosok bagian yang kotor. Sebelumnya bersihkan seluruh sepatu dari debu dan kotoran yang menempel.

  • Suede

Pembersihan noda sepatu suede yang diperlukan adalah kuas atau dapat diganti dengan sikat gigi, cuka, kain katun, penghapus pencil dan handuk. Sama seperti sepatu dari bahan kulit yaitu jangan terkena air langsung, maka gunakan kain atau handuk yang telah dibasahi untuk membersihkan kotoran yang membandel dengan sedikit sikatan lembut yang searah.

Itulah tadi beberapa bahan pembersih sepatu yang menguning dan jenis atau bahan sepatu beserta cara membersihkannya. Oleh karena itu jangan terburu-buru membuang sepatu kusam atau menguning di rumah. Cobalah untuk membersihkan secara mandiri terlebih dahulu dan perhatikan sepatu lamamu yang kusam dapat kembali terlihat seperti baru kembali.

Selain lebih hemat tentu kenangan dalam sepatu tersebut juga dapat tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu cuci sepatu secara rutin agar kotoran tidak mengendap dan mudah dibersihkan.